Author Archives: admin

Tes Seleksi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana IHDN Denpasar

Setelah dilaksanakannya pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang I (pertama) yang dimulai pada awal juni 2013 sampai dengan 8 juli 2013, maka pada hari ini, Rebo, 10 Juli 2013 dilaksanakan tes seleksi mahasiswa baru yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA) yang dipandu oleh Lembaga Psikologi Universitas Ganesha Singaraja. Tes potensi akademik ini diikuti oleh seluruh calon mahasiswa dari semua program studi yang ada di Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, yang terdiri dari 29 orang yang memilih program studi Brahma Widya (Filsafat Hindu), 43 orang dari prodi Dharma Acarya (Pendidikan Agama Hindu), 22 orang dari prodi Bahasa dan Sastra Agama konsentrasi Pendidikan Bahasa Bali, dan 20 orang dari prodi Doktor (S3) Ilmu Agama Hindu.

tes-tpa2tes-tpa1

Tujuan dari penyelenggaraan tes potensi akademik ini menurut Dr. Drs. I Made Surada, MA. Ketua prodi Brahwa Widya adalah untuk mendapatkan mahasiswa baru yang memiliki kemampuan akademis yang memadai, sehingga tidak mengalami kendala atau hambatan yang berarti dalam mengikuti proses pembelajaran atau studi. Selain tes potensi akademik, pada kesempatan ini juga akan diberikan tes tulis yang mencakup pengetahuan umum, bahasa inggris, ilmu agama dan tes wawancara. Tujuan dari wawancara dilakukan adalah untuk mendapatkan gambaran secara umum mengenai motivasi, pendanaan, rencana penelitian sehingga dapat diberikan arahan yang tepat untuk bisa menyelesaikan studi dengan tepat waktu dan berprestasi.

tes-tpa

Pengumuman hasil tes seleksi mahasiswa baru gelombang I (pertama) ini akan diumumkan 17 Juli 2013 pada papan pengumuman di PPs. IHDN Denpasar dan website http://www.pps.ihdn.ac.id.  Setelah pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang I (pertama) ini, masih dibuka peluang bagi seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan studi pada program magister S2 maupun S3 PPs. IHDN Denpasar, melalui pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang II (dua) yang dimulai dari tanggal 11 juli 2013 sampai dengan 29 juli 2013. Pendaftaran bisa dilakukan di gedung Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, jalan Kenyeri 57 Denpasar pada saat jam kerja.

Yudisium ke-17 Prodi Brahma Widya dan ke-14 Prodi Dharma Acarya Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Kamis, 30 Mei 2012

Bertempat di Auditorium gedung Program Pascasarjana IHDN Denpasar, jalan kenyeri 57 Denpasar sebanyak 115 orang Mahasiswa Magister S2 yang terdiri dari 40 orang dari Program Studi Brahma Widya dan 70 orang dari Program Studi Dharma Acarya, diyudisium serangkaian dengan acara Wisuda Mahasiswa yang akan dilangsungkan pada tanggal 31 Mei 2012 di Inna Grand Bali Beach Sanur Bali.

DSCN1669 DSCN1687

Adapun  Indeks Prestasi tertinggi Mahasiswa Magister S2 yang diyudisium kali ini ini adalah 3,91 dengan predikat cumlaude diperoleh oleh 2 orang dari Program Studi Brahma Widya yaitu I Nyoman Suka Ardiyasa, Spd.B, M.Fil.H dan I Made Suardika S.Ag., M.Fil.H. sedangkan Indeks Prestasi terendah adalah 3,09.

DSCN1670 DSCN1696

Pada kesempatan ini, menurut data seperti yang dilaporkan oleh Assisten Direktur I bidang akademik PPs. Dr. I Gede Suwindia, S.Ag., MA.  Program Pascasarjana telah memiliki alumni sebanyak 788 orang alumni. Sedangkan yang masih tercatat aktif mengikuti perkuliahan adalah sebanyak 102 orang untuk Prodi Brahma Widya, 144 orang untuk Prodi Dharma Acarya, 27 orang untuk Prodi Bahasa Bali, dan 53 orang untuk Program S3 Ilmu Agama Hindu. Jadi tota;l jumlah mahasiswa yang masih aktif mengikuti perkuliahan sampai saat ini adalah sebanyak 326 orang.

DSCN1702 DSCN1689 DSCN1684 DSCN1654

Pengabdian Masyarakat di Pura Natar Sari Desa Apuan Kecamatan Baturiti Tabanan.

Dilaksanakan dalam rangka wisuda mahasiswa program pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar yang ke-17 untuk Program Studi Brahma Widya dan ke-14 Program Studi Dharma Acarya.

DSCN1590

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah persembahyangan bersama di Pura natar Sari, dharma wacana kepada masyarakat oleh Sri Empu Acaryananda, penyerahan dana punia atau sumbangan dari mahasiswa S2 berupa pohon pucuk, mahoni, serta sejumlah dana.

DSCN1618 DSCN1622

Dalam dharma wacananya sri empu mengungkapkan berbagai fenomena kekinian beragama pada masyarakat yang sudah mulai menganut “moneyteisme” sehingga perlu dimantapkan lagi pemahaman teologi dan filsafat sesuai dengan core pendidikan yang diajarkan. Disamping itu direktur PPs Prof. I Nengah Duija sebelumnya menyampaikan bahwa dalam beragama peranan sastra agama sangatlah signifikan untuk lebih meningkatkan pemahaman masyarakat. Setelah dharma wacana juga diadakan diskusi antara masyarakat, mahasiswa dengan Sri Empu Acaryananda.

DSCN1632 DSCN1623

Acara pengabdian masyarakat ini ditutup dengan hiburan berupa pertunjukan seni oleh mahasiswa yaitu sengap dan Komang Indra.

PKL Mahasiswa S3

PKL angkatan ke II PPs Program Doktor Ilmu Agama IHDN Denpasar dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, yakni Pendalaman Materi dan Pengabdian Masyarakat. Pendalaman Materi Perkuliahan dilaksanakan pada hari senin tanggal 11 Pebruari 2013 bertempat di Restoran Casa Luna Ubud, dengan mengundang Dosen dari Universitas Negeri Ganesa. Pendalaman Materi diadakan dengan mengangkat topik Metodologi Penelitian Agama, dengan Nara Sumber Prof.Dr. Nengah Bawa Atmaja, MA. Kegiatan yang berlangsung selama dua setengah jam dimulai dari pukul 10.00-12.30 wita ini dihadiri pula oleh Direktur Program Pasca Sarjana IHDN, Prof.Dr.Drs. I Nengah Duija, M.Si.  Pada akhir acara ditutup dengan acara makan siang bersama.

DUIJA BAWA-ATMAJA - Copy

MAHASISWA-S3 - Copy MAKAN2

Pengabdian Masyarakat dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 9 Pebruari 2013 selama satu hari, dengan mengambil lokasi di Desa Ekasari Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana. Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Ekasari ini, diikuti oleh 16 orang karyasiswa Program Doktor Ilmu Agama dan ditemani oleh Ketua Program Doktor IHDN Denpasar, Dr.Drs. I Gusti Made Ngurah, M.Si. Ada empat acara yang dilakukan pada pelaksanaan Pengabdian Masyarakat kali ini, yakni kerja bakti dan penanaman bibit pohon, persembahan bersama, Dharmawacana/Dharmatula, dan diakhiri dengan pementasan bondres oleh karyasiswa program doktor.

Kerja bakti dan penanaman bibit pohon dilakukan di Pura Ulun Suwi yang ada di Desa Ekasari oleh para peserta PKL bersama-sama masyarakat desa. Pada acara penanaman bibit pohon di lingkungan Pura Ulun Suwi Desa Ekasari peserta PKL menyerahkan 1.600 bibit pohon yang terdiri dari 400 bibit Nangka, 400 bibit Mahoni, 400 bibit Gamelina dan 400 bibit Sengon. Bibit ini nantinya akan disebarkan kepada masyarakat, untuk ditanam dan dimanfaatkan oleh warga Desa Ekasari.

menanam-pohon2 menanam-pohon1 menanam-pohon1 - Copy

Acara persembahyangan bersama dilaksanakan pada sore hari di Pura Puseh Desa Ekasari yang diikuti oleh seluruh karyasiswa, Kepala Desa Ekasari, Bendesa Adat dan tokoh mayarakat serta warga masyarakat desa dipimpin Pemangku pura.

nunas-tirta pelinggih

Acara Dharmawacana dan Dharmatula yang diadakan di wantilan pura diisi oleh Ketua Program Doktor Ilmu Agama IHDN Denpasar, Dr.Drs.I Gusti Made Ngurah, M.Si. Acara dilanjutkan dengan penyerahan sumbangan dana sebesar Rp.3.000.000 dari karyasiswa PKL, untuk pembangunan pura di Desa Ekasari.

p.ngurah masyarakat

Dari seluruh rangkaian kegiatan PKL dalam bentuk Pemantapan Materi dan Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh karyasiswa angkatan ke II PPs Program Doktor Ilmu Agama IHDN Denpasar, diharapkan apa yang menjadi Visi dan Misi IHDN dalam menjalankan fungsi Tri Dharmanya akan dapat terwujud. Demi peningkatan spiritualitas dan kwalitas sumber daya manusia umat Hindu.

topeng megambel