Tes Seleksi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana IHDN Denpasar

Setelah dilaksanakannya pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang I (pertama) yang dimulai pada awal juni 2013 sampai dengan 8 juli 2013, maka pada hari ini, Rebo, 10 Juli 2013 dilaksanakan tes seleksi mahasiswa baru yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA) yang dipandu oleh Lembaga Psikologi Universitas Ganesha Singaraja. Tes potensi akademik ini diikuti oleh seluruh calon mahasiswa dari semua program studi yang ada di Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, yang terdiri dari 29 orang yang memilih program studi Brahma Widya (Filsafat Hindu), 43 orang dari prodi Dharma Acarya (Pendidikan Agama Hindu), 22 orang dari prodi Bahasa dan Sastra Agama konsentrasi Pendidikan Bahasa Bali, dan 20 orang dari prodi Doktor (S3) Ilmu Agama Hindu.

tes-tpa2tes-tpa1

Tujuan dari penyelenggaraan tes potensi akademik ini menurut Dr. Drs. I Made Surada, MA. Ketua prodi Brahwa Widya adalah untuk mendapatkan mahasiswa baru yang memiliki kemampuan akademis yang memadai, sehingga tidak mengalami kendala atau hambatan yang berarti dalam mengikuti proses pembelajaran atau studi. Selain tes potensi akademik, pada kesempatan ini juga akan diberikan tes tulis yang mencakup pengetahuan umum, bahasa inggris, ilmu agama dan tes wawancara. Tujuan dari wawancara dilakukan adalah untuk mendapatkan gambaran secara umum mengenai motivasi, pendanaan, rencana penelitian sehingga dapat diberikan arahan yang tepat untuk bisa menyelesaikan studi dengan tepat waktu dan berprestasi.

tes-tpa

Pengumuman hasil tes seleksi mahasiswa baru gelombang I (pertama) ini akan diumumkan 17 Juli 2013 pada papan pengumuman di PPs. IHDN Denpasar dan website http://www.pps.ihdn.ac.id.  Setelah pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang I (pertama) ini, masih dibuka peluang bagi seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan studi pada program magister S2 maupun S3 PPs. IHDN Denpasar, melalui pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang II (dua) yang dimulai dari tanggal 11 juli 2013 sampai dengan 29 juli 2013. Pendaftaran bisa dilakukan di gedung Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, jalan Kenyeri 57 Denpasar pada saat jam kerja.